Minggu, 01 Maret 2015

Sensory play sederhana

Sensori play adalah ketika seorang anak mengeksplorasi sesuatu menggunakan panca indranya, yaitu berupa sentuhan/raba, penciuman/bau, pengecapan/rasa, penglihatan dan pendengaran melalui bermain.
Banyak sekali bahan-bahan dan peralatan dalam kehidupan kita sehari-hari yang dapat kita gunakan sebagai sensory play untuk anak.

Kali ini saya akan berbagi tentang sensory play sederhana menggunakan bahan-bahan dapur. Ya, bahan-bahan dapur. Sederhana bukan? dari bahan-bahan sederhana ini anak dapat belajar banyak hal. Mulai dari melihat bahan-bahan dapur tersebut, mendengarkan saat kita memberitahu nama-nama bahan tersebut, mereka juga dapat mencium, menyentuh dan mengecap serta membedakan rasa dari masing-masing bahan.

sensory play menggunakan bahan-bahan dapur



Dalam permainan ini saya menggunakan kayu manis bubuk, kopi, gula, garam, lada bubuk, tepung, jeruk nipis, dan bawang putih.
Mungkin untuk kita seorang ibu yg setiap hari berkutat dengan urusan dapur, hal ini bukanlah hal istimewa. Namun bagi anak balita yg pertama kali melihat, memegang bahkan merasakannya, terutama jika selama ini anak sering dilarang memegang bahan-bahan dapur tentu saja permainan ini sungguh menyenangkan.
Lihat saja ekspresi-ekspresi Maryam ketika mencoba satu persatu bahan-bahan dapur yg saya sediakan.. hihihi 

sensory play
ekspresi Maryam saat mencoba satu-persatu bahan sensory play :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan komentar positif dan membangun untuk blog ini. Jazakumullah..